MENGENAL BURSA EFEK INDONESIA

selamat siang teman teman..kita lanjutkan pembahasan pasar modal kita, sebagai penambah wawasan dan pengetahuan serta sebagai bahan referensi buat kita semua..
Pernah mendengar kata bursa efek indonesia? yaitu suatu tempat atau sistem yang melakukan jual beli saham, sebuah perusahaan yang ingin sahamnya diperdagangkan di bursa efek indonesia harus melakukan sebuah proses go publik terlebih dulu.

http://rasmankhan.blogspot.co.id/2016/01/selamat-siang-teman-teman.html

setelah sebuah perusahaan (emiten) melakukan go public maka sahamnya bisa di catat sebagai salah satu comodity yang diperjual belikan di pasar modal.

Baca juga :


berbeda dengan pasar pada umumnya siapa saja bisa melakukan jual dan beli. berbeda dengan pasar modal bursa efek indonesia, hanya anggota bursa saja yang bisa melakukan jual dan beli yaitu emiten yang melakukan go public dengan investor yang membuka rekening saham melalui sekuritas. sekuritas sendiri merupakan anggota bursa yang dipercaya menjadi perantara antara emiten dan investor dalam melakukan jual beli saham, perusahaan perusahaan tersebut pada umumnya memiliki akhiran sekuritas, contoh BNI Sekuritas, danareksa sekuritas, ciptadana sekuritas dan lain sebagainya.
seseorang yang ingin melakukan transaksi saham harus menghubungi salah satu perusahaan sekuritas yang ada dan membuka rekening di tempat tersebut. biasanya perusahaan sekuritas mensyaratkan untuk membayarkan sejumlah dana awal yang disebut dana deposit. jumlah minimalnya bervariatif mulai dari 1 juta rupiah hingga ratusan juta rupiah.
dengan dana tersebut maka kepentingan seseorang untuk membeli dan menjual saham akan diwakili oleh perusahaan sekuritas dimana mereka menanamkan dananya. pemegang saham akan menerima konfirmasi transaksi sahamnya dari perusahaan sekuritas.dana itu juga dicatat dalam lembaga kustodian sehingga keamanan investor sebagai pemilik tetap terjamin. kita bisa memantau kepemilikan saham kita setiap saat dengan menggunakan pasilitas online (buka rekening saham online)
semakin mendalami sebuah investasi maka akan meminimalisir risiko yang akan diterima, semoga artikel ini dapat memberikan pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat bagi kita semua.
selamat berinvestasi selalu ingat "high risk high return"
salam lading

Baca juga:

Related Posts:

  1. Broker ACY ini memang dimana benar benar terbaik, dengan segala fasilitas yang telah di berikan, dengan dimana ada pelatihan online nya juga, ane sih yang pasti untuk saat ini bangga dan puas deh telah gabung nya bersama broker terbaik seperti ACY ini, semoga dapat di kembangkan dan di pertahankan deh agar ane dapat lebih lama lagi untuk merasakan aman, nyaman dalam menjalankan trading nya bersama ACY ini

    ReplyDelete