PENGERTIAN SAHAM DAN KEUNTUNGAN INVESTASI SAHAM

PENGERTIAN SAHAM

Banyak pilihan investasi  dan berbagai macam instrumen investasi yang dapat kita pertimbangkan untuk berinvestasi salah satunya yaitu pada dunia saham, saham  adalah surat bukti kepemilikan sebagian modal pada suatu perseroan terbatas.
Saham juga salah satu instrumen investasi yang ada di pasar modal dan intrumen ini justru yang paling dominan di perjual belika n di pasar modal. saham juga terdapat dua jenis saham yang diperdagangkan di pasar modal yaitu saham biasa dan saham preferen. Perbedaan kedua jenis saham tersebut yaitu.

Baca juga :
Instrumen investasi pasar modal
Pelaku pasar modal

Saham biasa
1. Deviden dibayarkan sepanjang perusahaan memperoleh laba setelah melakukan RUPS
2. Memiliki hak suara dalam pemilihan direksi perusahaan
3. Hak memperoleh pembagian  kekayaan jika perusahaan bangkrut setelah semua kewajiban perusahaan dilunasi
Saham preferen
1. Memperoleh hak paling dahulu dari pembagian deviden
2. Tidak memiliki hak suara
3. Dapat mempengaruhi manajemen perusahaan terutama dalam pencaloonan pengurus
4. Hak memperoleh prioritas pembagian kekayaan jika perusahaan bangkrut dibanding saham biasa.
5. Kemungkinan dapat memperoleh tambahan dari laba perusahaan

KEUNTUNGAN DAN RESIKO INVESTASI SAHAM

Apa keuntungan dan risiko yang akan kita dapat jika investasi pada saham? Setiap investasi tentu memiliki keuntungan dan risiko tersendiri, berikut keuntungan dan risiko berinvestasi pada saham:

Keuntungan

1. Deviden
Deviden yaitu keuntungan yang di peroleh dari hasil usahanya yang dibagikan kepada pemilik saham setelah ditentukan melalui rapat umum pemegang saham (RUPS), namun biasanya keuntungan saham tidak sepenuhnya menjadi devide, kadang ada yang ditanam untuk modal. dan perlu diketahui perusahaan juga tidak selalu membagikan deviden karna dilihat dari konddisi perusahaan.
2. Capital Gain
Yaitu keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual saham ketika kita membeli dan ketika kita menjual saham tersebut. Atau keuntungan yang diperoleh ketika harga jual saham lebih besar dibandingkan harga beli saham. Misalkan kita membeli saham bank bca (BBCA) pada harga Rp. 9.000 perlembar saham, lalu kita jual di harga Rp 9.500 per lembar saham maka capital gain yang kita dapat sebesar Rp. 500 perlembar saham.

Risiko

1.      Liquidasi
Saham yang kita miliki ternyata mengalami kebangkrutan setelah di nyatakan oleh pengadilan, maka hak pembagian kekayaan akan diberikan setelah kewajiban perusahaan dan pemilik saham preferen. Namun jika tidak ada sisa kekayaan setelahnya maka pemegang saham tidak memperoleh apa apa.
2.      Capital loss
Yaitu resiko kerugian yang diperoleh dari selisih harga jual dan harga beli, atau risiko yang di peroleh ketika harga jual saham lebih rendah dibandingkan harga beli saham. Misalkan kita beli saham Bank Mandiri (BMRI) pada harga 5.000 per lembar saham, namun dirasa prospek saham bank mandiri kurang jelas sehingga terpaksa kita menjualnya di harga 4.500 per lembar saham, maka capital loss yang kita terima sebesar Rp. 500 per lembar saham.

Demikian penjelasan singkat tentang investasi saham dimana keuntungan dan risiko yang akan diperoleh. Semoga memberikan manfaat positif bagi kita semua yang ingin melakukan investasi atau pun yang sedang ingin belajar di dunia pasar modal.
Selamat berinvestasi dan selalu ingat “high risk high return”

Salam lading…

Baca juga :
Belajar berpikir kaya

Related Posts: